Selasa, 18 Februari 2014

Sejarah Singkat Ikariwa

Sejarah Singkat Ikatan Riset Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Universitas Malikussaleh (Ikariwa FK Unimal)


Dalam rangka mengapresiasi tingginya minat mahasiswa FK Unimal akan kegitan penelitian dan karya ilmiah, maka diperlukan suatu lembaga penelitian yang mewadahi dan berfungsi sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh BAPIN- ISMKI ataupun lembaga-lembaga penelitian dibawah naungan BAPIN- ISMKI.
Lembaga ini awalnya digagas oleh T.Fadli Nazwan Sani, Indra Pehulisa Sitepu, Eko Damara, dan Riyadhi Pasca Syahputra melalui konsultasi dengan lembaga penelitian nasional BAPIN ISMKI. Pada 4 April 2012 merupakan awal konsultasi dengan Ridho Maulana yang saat itu sebagai Ketua Umum BAPIN ISMKI 2012. Minggu-minggu selanjutnya dilakukan presentasi, konsultasi ke pihak HMPD (Mahfudinsyah), dan Kabag Kemahasiswaan (DR. Siti Maryam, M.Si). Pada 5 Mei 2012 dilakukan diskusi pertama dengan beberapa anggota untuk menentukan nama lembaga. Nama lembaga ini awalnya adalah BAPKRIM (Badan Penelitian dan Karya Ilmiah Mahasiswa), berubah menjadi Lakrimal (Lembaga Karya Ilmiah Mahasiswa Unimal), namun karena belum dianggap layak tercetuslah nama IKARIWA (Ikatan Riset Mahasiswa) oleh Gizky Badawi, dan disetujui oleh peserta diskusi yang saat itu 4 Penggagas awal, Gizky Badawi, Heri Wirawan, Satriya Darma, Khairul Ikhwan.
7 Mei 2012 Dilakukan sidang menentukan ketua pertama dari Ikariwa, dan terpilihlah Fadhil Nugraha 2009 sebagai ketua, T. Fadli Nazwan Sani 2011(Wakil Ketua), Della Devega 2011 (Bendahara), Lailatul Azizah 2011 (Sekretaris) dan didukung oleg divisi-divisi yang masing-masing diketuai oleh Dwi 2009 (humas), Indra Pehulisa Stp (Perdok), Monica Dwi Jalma (BDI), Riyadhi Pasca Syahputra (Temilda), Danus (Aidarna Wan Sari), Keilmiahan (Erreli K. Kusumawardanie). Pada rapat itu pula disahkan lambing ikariwa yang dibuat oleh Monica Dwi Jalma dengan masukan dari seluruh anggota Ikariwa.
 Ikatan Riset Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (Ikariwa FK Unimal) disahkan pada tanggal 19 Juni 2012 bertempat di kampus kedokteran Universitas Malikussaleh ini diharapkan dapat menjadi tempat bagi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuannya sebagai mahasiswa kedokteran yang cerdas, handal, bertanggung jawab, peka terhadap lingkungan dan berkompetensi tinggi. Kekuasaan tertinggi Ikariwa FK Unimal terletak pada Musyawarah  pengurus dan anggota dengan  struktur organisasi sebagai berikut :


Generasi kedua Ikariwa dipilih berdasarkan musyawarah bersama anggota 6 Oktober 2013. Terpilih T. Fadli Nazwan Sani 2011 (sebagai ketua), Novri 2012 (sebagai wakil), Ayu Rahma Putri (Sekretaris), Aidarna Wan Sari (Bendahara)  dan didukung oleh ketua divisi yang saat ini menjadi 4 divisi: Rizka Azima lbs (danus), Shabrina (keilmiahan), Indra (Perdok), dan Harry Afriani (Humas). Tercatat anggota Ikariwa per Februari 2014 berjumlah 42 Orang meliputi angkatan 2009, 2011, 2012, 2013.



         Visi Ikariwa FK Unimal
                    Memajukan penelitian dan dunia keilmiahan mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh sehingga tercipta mahasiswa berjiwa peneliti, berkompetensi tinggi, bertanggung jawab, dan peka terhadap lingkungan.
Misi  Ikariwa FK Unimal
1.    Meningkatkan kualitas serta kuantitas karya ilmiah dan penelitian  mahasiswa Fakultas Kedokteran Unimal,
2.    Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian yang bernilai guna dan aplikatif khususnya bagi masyarakat,
3.    Mengadakan kegiatan-kegiatan ilmiah dan penelitian tingkat daerah dan nasional,
4.    Berperan aktif dalam merespon, menganalisis, mengembangkan, dan memberikan kontribusi terhadap dunia kesehatan dan kedokteran khususnya di Aceh, dan
5.    Menjalin kerja sama dengan lembaga kesehatan dan non kesehatan, baik dari daerah maupun nasional.

Tugas Pokok Divisi
1)      Divisi Humas
ü  Mensosilaisasikan Ikariwa ke seluruh lembaga otonom dan semi otonom di Universitas Malikussaleh
ü  Bekerjasama dengan seluruh Lembaga ilmiah fakultas kedokteran seluruh Indonesia
ü  Mensosialisasikan Ikariwa Fk Unimal di seluruh fakultas kedokteran, stikes, instansi kesehatan, dan instansi lain yang ada di Provinsi Aceh.
ü  Menjalin kerjasama yang baik dengan seluruh fakultas kedokteran, stikes dan instansi kesehatan lain yang ada di Provinsi Aceh.

2)      Divisi Keilmiahan
ü  Melakukan pelatihan dasar keilmiahan,
ü  Berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah daerah dan nasional,

3)      Divisi Basis Data dan Informasi
ü  Pembuatan dan pengaktifan basis data dan informasi melalui website dan sarana-sarana lain yang dapat mendukung.
ü  Menerbitkan karya ilmiah melalui media publikasi cetak dan elektronik (web).

4)      Divisi Dana dan Usaha
ü  Mengusahakan sumber pendanaan dalam kepengurusan dan penerbitan.

About ""

Divisi Perdok/Basis Data Informasi Khairul Ikhwan(kanan), Indra Pehulisa Sitepu(tengah), Eko Damara(Kiri), Rifqa Gusti Andrea(Sedang Main)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar